Pilihan tempat kuliah di kota Tanjung Balai

    


      Mungkin bagi kita yang tinggal di kabupaten Asahan, sudah tidak asing lagi dengan kota Tanjung Balai. Kota yang terkenal dengan julukan kota kerang ini, memiliki ciri khas melayu Asahan yang unik adat dan budayanya. Kota ini berada si pesisir pantai selat malaka, Masyarakatnya kebanyakan mencari penghidupan dari hasil kekayaan lautnya.

     Bagi anak muda disini, selain bekerja membantu orang tua, juga banyak yang merantau untuk menempuh kuliah diluar kota. Tapi jangan salah loh, di Tanjung Balai juga ada Perguruan Tinggi untuk kamu yang tetap ingin kuliah dan tinggal disini. Yuk kita lihat. 

1. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah Tanjung Balai. 



     STAI AL-HIKMAH berada di Jalan Karya no. 26 Tanjung Balai Provinsi Sumatra Utara. Kampus ini termasuk dalam kopertais wilayah satu dan sudah terakreditasi. 

     Program studi yang diampu STAI Al-Hikmah yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Untuk jenjang strata satu. 

     Awal mulanya, STAI ini bernama Madrasah Uluumil Arabiyah, yang berdiri pada tahun 1916. Dan Direktur pertama yang dihunjuk adalah Syeikh Abdul Hamid Asahan, Seorang ulama besar di Asahan. Dan salah seorang ulama besar Asahan yang merupakan salah satu lulusan Madrasah Uluumil Arabiyah yang terkenal adalah Syaikh Muhammad Arsyad Thalib Lubis (1908-1972 M). Untuk informasinya kamu bisa mengunjungi website www.staialhikmah.ac.id

2. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi YMPI Tanjung Balai



     Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Ilmi merupakan perguruan tinggi yang baru berdiri pada tanggal 10 maret 2020. Kampus ini beralamat di Kel. Sumber Sari, Kec. Sei Tualang Raso T. Balai. Walaupun masih baru, namun STAINI juga memiliki pengajar atau dosen yang setingkat strata tiga (Doktor).

     Program studi yang tersedia adalah Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan islam, untuk jenjang Strata satu. STAI Nurul Ilmi dipimpin oleh M. Asril Marpaung (Rektor). Kamu bisa mengunjungi websitenya di www.staini.ac.id

3. Politeknik Tanjung Balai



     Kampus Politeknik Tanjung Balai, berada dijalan Sei Raja, Kel. Sei Raja Kec. Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai. Politeknik Tanjung Balai berdiri pada tanggal 12 juni 2008. Hal ini karena pemerintah dan masyarakat melihat sumber daya alam kota Tanjung Balai yang berada dipesisir pantai. Yang mana sebagian besar sumber kehidupan mata pencaharian masyarakat adalah dari sektor perkebunan dan kelautan atau perikanan. 



     Untuk mencerdaskan dan membangun taraf perekonomian masyarakat Tanjung Balai. Pemerintah kota, dengan izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik  Indonesia (DIRJEN DIKTI) memberikan izin pendirian Politeknik Tanjung Balai dan membuka beberapa program studi, yaitu :

1. Program Studi Teknik Hasil Pengolahan dan Perikanan (THPP) 

2. Program Studi Teknik Pendinginan dan Tata Udara (TPTU) 

3. Program Studi Teknik Mesin Perawatan Perbaikan (TMPP) 

Untuk mencari tahu lebih lanjut kamu bisa searching melalui www.poltan.ac.id


4. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) SAKINAH HUSADA

     Untuk teman- teman yang tinggal di Tanjung Balai, kemudian ingin kuliah mengambil jurusan ilmu kesehatan. Di kota Tanjung Balai terdapat Sekolah tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) SAKINAH HUSADA. Kampusnya beralamat di Jalan Anwar Idris (Sei Dua) Kelurahan Bunga Tanjung, Kec. Datuk Bandar Timur Kota Tanjung Balai.

     Perguruan tinggi ini berdiri belum lama yaitu tanggal 19 mei 2014. STIKES SAKINAH HUSADA dipimpin oleh Ibu Rostina Afrida Pohan selaku sebagai Rektor. Sedangkan program studi yang ada yaitu Program studi Kebidanan untuk jenjang Diploma tiga, dan Program studi Kesehatan Masyarakat untuk jenjang Strata Satu.

5. Sekolah Tinggi Teologi Marturia (STTM) Tanjung Balai

     Sekolah Tinggi Teologi Marturia berdiri pada 1 Januari 2001, yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman km 6,5 Tanjung Balai Asahan. Bagi teman teman yang tinggal di Tanjung Balai. Mungkin perguruan tinggi ini bisa dijadikan tempat kuliah. Bagi teman teman yang berminat untuk mengambil jurusan Agama Kristen.



     Sekolah Tinggi Teologi Marturia dipimpin oleh Dr Lidia Yuli M. Th. STTM memiliki kampus yang cukup nyaman, dan dibimbing oleh dosen- dosen yang berkualitas. Untuk jurusan yang diampu adalah Pendidikan Agama Kristen dan Teologi untuk jenjang strata satu. Magister Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Agama Kristen untuk jenjang strata dua. Jika berminat teman- teman bisa mengunjungi website www.sttmarturia.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senjaku Bersamamu

Senandung Gerimis Tengah Malam*

Memory yang mengikuti