Tujuh perguruan tinggi di Asahan Kisaran, pilihan kuliah yang ga mau jauh dari kampung halaman

    


      Tidak terasa, tahun 2023 telah memasuki bulan mei atau memasuki pertengahan tahun. Bagi kamu yang masih pelajar atau siswa kelas 12 setingkat SMA atau sederajat, mungkin sudah menyelesaikan ujian akhir dan lulus sekolah. Tetapi masih bingung untuk mencari perguruan tinggi yang dirasa cocok buat kamu. 

Terkhusus bagi kamu yang tinggal di daerah Kabupaten Asahan. Ingin kuliah diluar kota, namun terkendala dengan biaya yang mahal, atau terlalu jauh ?. Berikut ini merupakan beberapa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Asahan.

1. Universitas Asahan (UNA) 


     Universitas Asahan merupakan kampus swasta terbesar di kabupaten Asahan. Terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kisaran. Kampus ini berdiri pada tanggal 17 agustus 1985. Di kampus UNA, ada beberapa fakultas dan program studi yang bisa kamu pilih.

     Pertama, ada fakultas teknik dengan jenjang strata 1. Yang terdiri dari program studi teknik informatika, teknik mesin, dan teknik sipil. Kedua, ada fakultas ekonomi ( jenjang strata 1), yang terdiri dari program studi manajemen, dan ekonomi pembangunan. Kemudian yang ketiga ada fakultas hukum (untuk strara 1). 


     Lalu ada juga fakuktas pertanian (Strata 1) disini ada jurusan Agroteknologi dan budidaya perairan. Dan fakultas yang paling banyak diminati juga ada loh, ya, fakultas keguruan ilmu pendidikan  (FKIP) untuk kamu yang ingin mendalami dunia pendidikan. FKIP mempunyai tiga program studi, program studi pendidikan matematika, pendidikan bahasa indonesia, dan pendidikan bahasa inggris. Sekarang UNA juga sudah membuka pendidikan magister (jenjang strata dua), untuk program studi ilmu hukum. Jika kamu masih penasaran, kamu bisa langsung ke kampusnya atau melalui website www.una.ac.id

2. Institut Agama Islam Darul Uluum (IAIDU) Asahan


     Institusi ini berada di Jalan Mahoni Sibogat, Kec. Kisaran Barat. Atau lebih tepatnya berada di kompleks pesantren Darul Uluum. IAIDU berdiri pada tanggal 10 maret 1977. IAIDU Asahan terdiri dari tiga fakultas yg memiliki enam program studi. Yaitu Fakultas Tarbiyah, terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendididkan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).
     
     Kemudian ada fakultas syariah, didalamnya ada program studi Ahwal Al-Syakhsiyah (hukum keluarga) dan hukum ekonomi syariah (muamalah). Untuk lebih memahami dan mendalami ilmu hukum keluarga, fakultas syariah menyediakan ruang klinis hukum. Semacam laboratorium untuk praktik melakukan persidangan, dengan perangkat untuk peralatan menjadi hakim panitra dan lainnya. Lalu ada juga fakultas dakwah dengan program studi Komisi Penyiaran Islam (KPI) . Untuk Program studi KPI juga ada studi radio Salam Fm, untuk mahasiswa belajar menjadi penyiar. Kalau fakultas tarbiyah menyediakan microteaching. Kamu bisa cari info lagi melalui www.iaidu-asahan.ac.id.



3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIEMA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIHMA) Muhammadiyah


     Sekolah tinggi ilmu ekonomi Muhammadiyah (STIEMA) berdiri pada 16 November 1992. Kampus ini beralamat di Jalan Madong Lubis No. 8 Mutiara Asahan Kisaran. Program studi yang diampu ialah Akutansi dan Manajemen untuk jenjang strata satu. Perguruan tinggi ini berada dibawah naungan organisasi Muhammadiyah. 


     Kampusnya berada bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah (STIHMA) yang mengampu program studi Ilmu Hukum. Jadi sebenarnya kedua kampus ini masih dalam satu komplek. Kalau kamu penasaran, kamu busa mengunjungi situs www.stihmakisaran.ac.id juga www.stiemakisaran.ac.id.

4. AMIK dan STMIK ROYAL Kisaran


     Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) ROYAL, mungkin lebih dikenal dengan sebutan AMIK ROYAL. Berdiri pada tahun 2003, dan menghasilkan lulusan Ahli Madya komputer yang setara dengan jenjang Diploma 3 (D3). Awal mulanya AMIK ROYAL beralamat di Jalan Imam Bonjol Kisaran No. 179 Teladan. 


     AMIK ROYAL ROYAL memiliki dua program studi, yaitu Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK). Kini AMIK ROYAL menjadi kampus satu STMIK ROYAL kisaran. Karena beberapa tahun kemudian tepatnya pada tanggal 8 september 2011 didirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ROYAL Kisaran. Dengan jenjang pendidikan strata satu. Yang beralamat Jalan Prof. H.M. yamin No. 173 Kisaran (simpang kedai ledang). Dengan  membuka program studi Sistem Informasi (SI) dan Sistem Komputer (SK). Nah, kampus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliah mendalami ilmu komputer. Sehingga kamu tidak perlu jauh- jauh keluar kota. Situs webnya www.stmikroyalkisaran.ac.id.

5. Akademi Keperatawan PEMKAB ASAHAN

     Mungkin ada sebagian dari teman- teman yang ingin kuliah dibidang kesehatan. Kalian bisa mengambil atau kuliah di perguruan tinggi Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Asahan. Kampusnya beralamat di Jalan Latsitarda Nusantara VIII Kisaran. Berdiri pada tanggal 10 oktober 2012. Lebih tepatnya kampus ini berada di sebelah Universitas Asahan. Seperti namanya, Akper ini hanya memiliki program studi keperawatan yang setara dengan jenjang Diploma 3 (D3). 

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) As Syifa


     Kampus swasta ini, berdiri pada 29 agustus 2018. Yang beralamat di Jalan Durian lingkungan IV Kelurahan Kisaran Naga Kec. Kisaran Timur. Untuk teman- teman yang ingin kuliah mengambil jurusan kesehatan. Di kampus ini ada beberapa pilihan program studi yang bisa kalian ambil. STIKES As Syifa memiliki empat program studi, diantaranya progtam studi Kebidanan (D3), Pendidikan Profesi Bidan, Farmasi (S1), dan kebidanan dengan jenjang strata satu. Kalian bisa mencari tahu kampus ini melalui www.stikes.assyifa.ac.id.

7. Akademi Keperawatan Yayasan Gita Matura Abadi (YAGMA) Kisaran


      Asahan dengan kondisi geografisnya,  sepertiga wilayahnya adalah perkebunan. Penduduknya mayoritas petani. Dengan pengetahuan tentang kesehatan yang masih rendah, dan kebutuhan terhadap tenaga pelayan kesehatan  tinggi, membuat bapak Drs.H. sofyan AS sebagai salah satu pendiri AKPER YAGMA berinisiatif mendirikan sebuah lembaga pendidikan swasta dibidang keperawatan pada tanggal 15 mei 1994. 

      Lembaga pendidikan yang setara jenjang diploma 3, bertujuan untuk mencetak tenaga- tenaga profesional dibidang kesehatan. AKPER YAGMA beralamat di Jalan KH. Agus Salim no. 45 selawan, kec. Kota Kisaran timur. Kamu bisa menvari informasinya melalui situs www.akperyagma.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senjaku Bersamamu

Senandung Gerimis Tengah Malam*

Memory yang mengikuti